Corporate
Yamaha Motor Indonesia Brand Otomotif Paling Disukai di Social Media
10 May 2012

Perkembangan social media yang begitu pesat dan fantastis menyedot antusiasme publik saat ini membuat perannya sangat penting dalam berinteraksi. Yamaha Motor Indonesia sangat memperhatikan eksistensi social media yang diciptakan sendiri dan menunjukkan perkembangan luar biasa karena sukses menjaring banyaknya followers atau member. Sejarah perkembangan social media yang dimiliki Yamaha Motor Indonesia dapat dijelaskan sejak Yamaha mulai masuk ke digital media pada tahun 2004. Saat itu
www.yamaha-motor.co.id mulai aktif dan pada tahun 2009 baru masuk ke social media. Yamaha Motor Indonesia melihat bahwa social media adalah new tools for communication and community building. Yamaha Motor Indonesia mencoba menjaga hubungan dengan audience di dunia maya dengan menjadi sharing partner bagi para bikers. Sharing partner disini dengan memposisikan merek Yamaha sebagai go-to friend bagi mereka di social media dan juga memberikan konten yang attractive, active, enjoyable, engaging, dan useful. Untuk social networking Yamaha Motor Indonesia memiliki akun Facebook resmi (
www.facebook.com/yamaholigan) dengan jumlah fans sebanyak 1.870.327. Jumlah itu menjadikan account Facebook Yamaha Motor Indonesia sebagai brand otomotif di Tanah Air dengan jumlah fans terbanyak. Yamaha Motor Indonesia juga sempat berada di Top 10 Social Networking di dunia untuk brand otomotif (berdasarkan
famecount.com), dan satu-satunya brand otomotif dari Indonesia di daftar tersebut. Dan di dalam negeri, Yamaha Motor Indonesia menjadi brand, produk, layanan, perusahaan otomotif nomor satu menurut situs
salingsilang.com dengan jumlah fans 1.870.327. Salingsilang adalah situs direktori Facebook yang menyajikan data Facebook Page berdasarkan jumlah Fans (Likes) dan juga pertumbuhannya; sehingga dapat menemukan Facebook Fan Page yang diminati dengan lebih mudah. Sedangkan Twitter (
@YamahaIndonesia) tumbuh pesat dengan 45.900 followers dan kerap menciptakan Trending Topic dunia. Kanal Youtube resmi Yamaha Motor Indonesia (
www.youtube.com/yamahamotorindonesia) sudah menghasilkan 422.507 views dimana di kanal tersebut Yamaha tidak hanya mengupload iklan TV tapi juga real-time experience dari event event Yamaha yang diupload secara real-time. Yamaha juga kerap memanfaatkan aplikasi Instagram (
@YamahaIndonesia) untuk meningkatkan brand awareness, c ontohnya dengan bekerja sama dengan iPhonesia dalam mengadakan kompetisi foto Mio Fino. Untuk instant messaging Yamaha juga memanfaatkan Blackberry Messenger (PIN: 2376CB2A) dengan jumlah 2000 contacts sebagai pusat informasi bagi mereka yang ingin selalu up-to-date dengan informasi Yamaha. Selain itu Yamaha Motor Indonesia memiliki website khusus sebagai wadah komunikasi para bikers, yaitu
www.yamaholigan.com . Dan untuk pecinta balap motor, difasilitasi berita-berita teruptodate tentang dunia balap motor Indonesia di
www.yamaharacingindonesia.com yang juga sebagai online registration portal untuk para pembalap yang ingin mengikuti Yamaha Cup Race. Prestasi prestisius lainnya Yamaha Motor Indonesia di social media dibuktikan lewat Digital Marketing Award untuk Great Performing Website di kategori otomotif motor (situs korporat :
www.yamaha-motor.co.id). Dan tiga Social Media Award untuk Great Performing Brand in Social Media kategori motor matic (Mio), Great Performing Brand in Social Media kategori motor bebek (Jupiter Z) dan Great Performing Brand in Social Media kategori motor sport (Vixion).