Menu

Download

Press Release

09 June 2022

Pembalap muda binaan Yamaha Indonesia Aldi Satya Mahendra mulai menjalani berbagai aktifitas dalam gelaran acara Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. 

Selain Aldi Satya Mahendra yang berusia 15 tahun, peserta Yamaha VR46 Master Camp lainnya, antara lain: dua racer Thailand, Passkon Sanluang (19 Tahun) dan Worapot Thongdonmaun (16), kemudian Md Aliff Danial Bin Muhammad Asri (18) asal Malaysia, serta Maike Abe (18 Tahun) dari Jepang.

Setelah semua berkumpul di Italia (6 Juni 2022), selanjutnya dalam kegiatan hari pertama diawali dengan medical check-up di Sirkuit MotoGP Misano Italia dan berlanjut dengan meeting di Hotel Europea Monetti di Cattolica dengan staf VR46 yang memberikan informasi menyangkut general explanation dan kit delivery. 

Hal ini meliputi berbagai persiapan dan kegiatan yang akan dilakukan selama menjalani Yamaha VR46 Master Camp selama 6 hari kedepan. Setelah itu, pada malam hari nya berlanjut dengan sesi penutup dengan melakukan dinner bersama pada pukul 20.00 waktu Italia. 

“Kegiatan di hari pertama Master Camp kami melakukan gym, latihan flat track dan bermain video games MotoGP. Pada kegiatan Master Camp hari kedua kami melakukan flat track dan bermain video games MotoGP lagi, serta bermain Motocross. Dalam kegiatan dua hari ini saya bertemu para pembalap MotoGP dan Moto3, serta bertemu dengan Valentino Rossi. Kemarin juga berdiskusi dengan coach Marcobelli yang merupakan coach pada saat flat track. Dan setelah melewati dua hari ini juga saya memperoleh pelajaran teknik dan cara mengendarai motor di flat track,” ucap Aldi Satya Mahendra.

Kemudian untuk aktifitas pada hari ke-2, mereka menjalani training selama sekitar 2 jam di Campo Scuoala. Dalam hal ini berlatih Fisio Gym bersama Andrea Migno, pembalap Moto3 yang menjadi bagian dari VR46 Riders Academy, termasuk melakukan senam pilates. Setelah makan siang, mereka kemudian menuju sirkuit flat track VR46 Motor Ranch di Tavullia. 

Disini mereka melakukan dahulu e-Sport MotoGP Session yang bertujuan untuk meningkatkan skill balap mereka. Dalam konteks ini, dilakukan sejak pukul 14.00-15.30. Dalam sesi ini, mereka dilatih langsung dengan Lorenzo Daretti yang juga juara e-Sport MotoGP 2022. 

Setelah itu, melakukan Full Track Training sejak jam 16.00-18.30 yang dilatih khusus mentor Marco Belli yang sangat berpengalaman karena pernah meraih jawara flat track di Inggris, Eropa dan Amerika. 

Mereka bermain flat track dengan pacuan special engine Yamaha. Hal yang sangat penting karena berhubungan dengan pengendalian motor dan melatih gaya refleks, termasuki daya tahan stamina fisik. Pastinya, banyak pelajaran yang diperoleh dalam aktifitas ini dan dipastikan makin meningkatkan skill balap. Pukul 7 malam acara ini selesai dan mereka kembali ke Hotel Europea Monetti. Tentu saja, banyak pengetahuan, latihan fisik dan teknik balap yang didapat Aldi Satya Mahendra. Kegiatan ini akan sangat berguna untuk perjalanan karir balapnya di level internasional.

“Saya belum pernah mencoba Pilates sebelumnya. Saya suka gerakan tertentu untuk punggung saya yang sangat membantu. Saya sangat senang karena saya telah belajar banyak latihan peregangan baru yang juga akan terus saya lakukan ketika saya kembali ke Indonesia. Saya sangat bangga berlatih di mana para pebalap profesional VR46 Riders Academy yang juga ikut berlatih,” terang Aldi Satya Mahendra.

“Kemarin adalah pengalaman pertama saya di trek datar. Itu sangat menyenangkan. Saya belajar bagaimana mengendarai motor pada Flat Track, memahami tata letaknya dan menjaga posisi tubuh yang benar di atas sepeda motor. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” tambah Aldi Satya Mahendra.