Menu

BATTERY AKI

BATTERY AKI

  • BATTERY MAINTENANCE FREE

Parts Description

yamaha indonesia

Cara yang tepat meningkatkan keandalan Battery berdasarkan pengetahuan yang benar

Battery sangat penting untuk sepeda motor, tetapi hal ini seringkali diabaikan pemilik sepeda motor. Banyak dari konsumen masih bingung mengenai pemeliharaan dan penggantian Battery Aki. Hal ini menjadi satu ke khawatiran mereka karena Batttery merupakan komponen penting dalam sepeda motor, sehingga perlu adanya pengetahuan tentang Battery tersebut.

KLASIFIKASI AKI MOTOR

Fungsi dasar Battery

Tidak seperti sel kering, yang biasanya dibuang setelah habis sepenuhnya, Battery sepeda motor (seperti halnya Battery otomotif) dapat diisi ulang selama penggunaan, sehingga memberikan pelayanan lebih lama.

Jika Battery sepeda motor rusak, lampu utama akan merespon tingkat rpm mesin. Hasilnya pencahayaan berkurang saat motor berjalan dalam kecepatan rendah, dan sinar akan lumayan saat motor dalam keadaan melaju cepat.

Dengan peningkatan jumlah komponen listrik pada sepeda motor modern, pergeseran teknologi 4-stroke dan faktor-faktor lain, pengendara telah menjadi jauh lebih bergantung pada sistem pelistrikan ini.

Battery berbentuk komponen seperti kotak sederhana dengan penutup hitam dan casing transparan. Namun, bagian dalam Battery secara terus menerus meningkat. Battery, secara bergantian menempatkan plat positif, separator dan pelat negatif, semua berada dalam larutan elektrolit. proses pengisian dan pemakaiandiulang dengan zat bermuatan positif dan negatif memulai reaksi kimia dalam elektrolit.

Application list

Untuk memilih Battery yang sesuai untuk motor anda, silahkan lihat table applikasi dibawah ini. Dealer resmi Yamaha juga akan memberikan saran dan informasi tambahan tentang penggantian battery.

RANGKA AKI

Good Point

1. Tanpa Vent Plug/ tanpa saluran pembuangan gas

Dari pemakaian bahan grid lead calcium alloys, gas hasil reaksi diubah kembali menjadi air --> tidak perlu Vent Plug

(Aki biasa, gas tidak dapat diubah menjadi air dan harus dikeluarkan melalui Vent Plug)

2. bebas dari kebocoran

- AGM Separator, serat glass mat khusus dengan daya serap tinggi, menyerap seluruh accu zuur --> Aki menjadi kering dan bebas dari tumpahan/kebocoran Aki

- Tidak perlu periksa atau tambah air Aki

- Posisi Aki dapat dipasang lebih bebas - tidak dibalik

3. Lebih aman

- Katup pengaman atau valve, akan berfungsi melepas gas bila terjadi kelalaian over charging --> mencegah Aki kembung

- Ceramic Filter, menahan sumber Apikontak dengan gas dari dalam --> Aki lebih aman dari kecelakaan ledakan. (Demi keselamatan, selalu tetap menjauhkan sumber api dari Aki)

4. Maintenance Free

- Bahan Grid Lead Clasium Alloys, --> Self Discharged sangat kecil --> Aki tidak cepat soak, tahan tanpa charging selama 3 bulan (tergantung suhu tempat penyimpanan)

- Energy Density lebih besar dibanding konventional

- tidak perlu pemeriksaan & penambahan air Aki

5. Siap Pakai

- Sudah berisi Accu Zuur

- Sudah Fully Charged

- Setiap Aki sudah dites Cranking (sama seperti test starter pada kendaraan)